Apa Saja Akibat Haid Tidak Teratur?

Menstruasi atau disebut haid sudah menjadi kodrat bagi wanita, dan karenanya setiap wanita akan mengalami masa haid setelah ia beranjak dewasa. Haid ini bisa terjadi pada waktu siklus menstruasi yakni setiap sebulan sekali dan yang normal adalah sebulan kurang tiga hari. adapun masa haid yang biasa atau umum dialami adalah selama satu minggu atau 7 hari dan adapun yang melebihi 7 hari hingga 14 hari.

Selain itu, adapun wanita yang mengalami haid hanya dua atau tiga hari. terkadang ada pula yang haid pada tiga hari pertama lalu berhenti dan muncul kembali pada beberapa hari kemudian. adapun wanita yang mengalami haid sepanjang satu setengah bulan sekali atau sebulan dua kali dan lainnya. Hal ini merupakan gejala haid yang tidak teratur.

Jika anda mengalami haid yang tidak teratur baik pada masa haid atau siklus menstruasi, atau bahkan tidak lancarnya keluarnya darah haid, misalnya hanya sedikit dalam sepekan atau bahkan terkadang sangat banyak, maka jalannya haid tidak teratur. Karena itu, sebaiknya anda segera periksakan ke dokter sebelum akhirnya terjadi akibat yang tidak diinginkan.

Adapun Beberapa Akibat Haid Tidak Teratur Yang Perlu Anda Ketahui Adalah:

  1. Kanker serviks

Anda harus hati-hati ketika mengalami haid yang tidak teratur. Karena ditakutkan anda terkena gejala kanker serviks. Kanker ini mampu mengancam wanita tanpa diketahui gejala awalnya. Karena itu sebaiknya periksakan ke dokter sebelum jenis kanker ini bisa membunuh anda.

  1. Terganggu kesuburan

Tidak lancarnya haid juga dapat megganggu kesuburan seorang wanita, sehingga terkadang akan sulit hamil. Hal ini bisa saja terjadi saat wanita mengalami kista pada bagian rahim, dan nantinya perlu dioperasi atau melakukan pengobatan jangka panjang.

  1. Panyakit kista

Kista merupakan penyakit tumor jinak yakni kista ovarium yang terjadi pada wanita. Adapun kista folikel yang mengganggu wanita sehingga akan terasa nyeri dan dapat membesar, maka jika kista membesar akan semakin berbahaya.

  1. Polip

Adapun siklus menstruasi yang mengalami pendarahan berat atau jumlah yang besar sehingga harus hati-hati. Karena pendarahan ini bisa menyebabkan polip yang berbahaya bagi tubuh wanita.

  1. Kanker rahim

Adapun penyakit kanker rahim yang memang umum terjadi pada sebagian wanita yang mengalami masa menstruasi tidak seimbang atau tidak normal. Kanker rahim bisa terjadi hingga kanker rahim stadium lanjut yang bisa mengakibatkan banyak pendarahan.

Tentunya sebagai seorang wanita anda perlu waspada. Karena itu anda perlu mengetahui jadwal rutin masa menstruasi sehingga anda bisa memperkirakan apakah siklus menstruasi anda lancar atau tidak. Terkadang hal ini pun disebabkan karena hormon atau fungsi rahim yang mulai melemah. Sebagai seorang wanita yang ingin menjadi ibu dan melahirkan anak, maka sebaiknya hati-hati, karena masalah ini bisa mengganggu rahim anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *