Mengetahui Tahapan Kehamilan dan Perkembangannya

Kehamilan merupakan salah satu momen yang paling ditunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Memiliki buah hati akan menambah kebahagiaan dan keharmonisan rumah tangga yang Anda bangun. Anak adalah generasi penerus yang akan melestarikan keturunan Anda di masa mendatang. Nah, bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan sebaiknya mempersiapkan diri dan memperbanyak informasi mengenai tahapan kehamilan.

Persiapan fisik, mental dan pengetahuan sangat penting sebelum Anda memutuskan untuk hamil. Hal ini karena kehamilan membutuhkan fisik yang kuat dan sehat untuk melalui proses yang begitu panjang. Setidaknya selama 9 bulan Anda akan membawa beban didalam rahim yaitu janin. Untuk menunjang fisik dan mental yang sehat maka perlu diperhatikan asupan nutrisi yang diperoleh dari sumber makanan bergizi.

Kehamilan akan dibagi kedalam beberapa fase yaitu trimester pertama, kedua dan ketiga. Adapun untuk trimester pertama meliputi minggu pertama hingga minggu ke-12, selanjutnya minggu ke-13 hingga minggu ke-27 merupakan trimester kedua dan minggu ke-28 hingga minggu ke-40 adalah trimester ketiga. Nah, dalam setiap fase akan mengalami perubahan dan keluhan yang berbeda-beda.

Berikut Tahapan Kehamilan Yang Penting Untuk Diketahui

Trimester Pertama (1 -3 Bulan)

Pada trimester pertama biasanya ibu hamil akan mengalami perubahan yang terbilang cukup berat selama hamil. Hal ini karena trimester awal merupakan proses adaptasi tubuh dengan perkembangan janin didalam rahim.

Berbagai keluhan akan dirasakan oleh ibu hamil dan yang paling lumrah terjadi yaitu gejala morning sickness. Keluhan yang dirasakan yaitu mual, muntah, pusing dan nafsu makan menurun. Kondisi ini tentunya tidak boleh disepelekan karena bisa sangat membahayakan tumbuh kembang janin.

Untuk menyiasati supaya asupan nutrisi tetap terjaga maka sebaiknya Anda menerapkan pola makan dengan porsi yang sedikit namun intensitasnya ditingkatkan lebih sering. Selain itu, perhatikan juga supan cairan untuk mencegah dehidrasi diawal kehamilan. Perbanyak waktu istirahat supaya perkembangan janin berjalan dengan baik.

Pada trimester awal perkembangan sel telur akan membentuk seperti udang dengan ukuran sangat kecil. Nah, embrio tersebut akan terus berkembang memasuki usia kehamilan 2 bulan diiringi dengan perkembangan organ-organ vital seperti jantung dan sistem saraf

Bentuknya akan semakin menyerupai bayi memasuki pertengahan bulan kedua dan tanda-tanda kehidupan akan mulai muncul. Semakin sempurna perkembangannya memasuki minggu ketiga usia kehamilan.

Trimester Kedua (4 – 6 Bulan)

Memasuki trimester kedua maka Anda bisa melihat perkembangan bayi melalui pemeriksaan USG. Kini janin sudah terlihat jelas dan akan mulai bergerak. Hormon pada janin sudah mulai bekerja dengan aktif sehingga mulai bereaksi.

Perkembangan bayi pada trimester kedua terjadi dengan sangat pesat terutama panca indera. Selain itu bobot tubuh janin dari hari ke hari terus bertambah. Nah, memasuki usia kehamilan 5 bulan sudah terbentuk selaput putih yang melapisi tubuh dan kulitnya yang dikenal dengan ari-ari.

Pada bulan keenam perkembangan sistem pencernaan janin sudah sangat baik. Gerakan janin kini sudah bisa dirasakan dengan jelas oleh Anda.

Trimester Ketiga (7 – 9 Bulan)

Perkembangan bayi pada trimester akhir tentunya sangat pesat sekali dan sudah mempersiapkan diri menuju kelahiran. Sistem saraf dan otak janin sudah mulai berkoordinasi dan berfungsi secara perlahan. Bahkan janin sudah mulai membuka dan menutup kelopak mata. Selain itu, gerakan janin sudah bisa dideteksi dengan mudah.

Perkembangan janin pada trimester ini benar-benar sangat pesat. Idealnya janin akan lahir setelah berada didalam kandungan selama 9 bulan. Yang terpenting dalam hal ini yaitu pemenuhan nutrisi guna menjaga tumbuh kembang janin hingga tiba waktunya persalinan.

Demikian tahapan kehamilan secara umum yang perlu Anda ketahui. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *