Metode dan Manfaat Jahe Untuk Diet

Jahe merupakan salah satu rempah yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Pada musim penghujan, biasanya banyak orang yang mengolah jahe menjadi minuman untuk menkghangatkan badan seperti wedang jahe. Nah, disamping itu pernahkah Anda mendengar manfaat jahe untuk diet menurunkan berat badan?

Perlu Anda ketahui bahwa jahe memiliki manfaat dan fungsi luar biasa dalam mengatasi penumpukan lemak di bagian perut. Bagi Anda yang mengalami masalah dengan berat badan dan perut buncit maka jahe bisa menjadi alternatif untuk menjalankan program diet sehat tanpa efek samping. Secara umum jahe memiliki khasiat sebagai anti imflamasi dan detoksifikasi bagi sistem pencernaan.

Dalam sebuah studi menemukan bahwa jahe memiliki efek dalam mengontrol nafsu makan. Jahe juga memiliki manfaat dalam meningkatkan efek thermal tubuh, mem,bantu proses metabolisme, pembakaran lemak dan proses detoksifikasi.

Karena kemampuan efek thermal jahe cukup tinggi maka jika mengkonsumsi jahe sama halnya dengan berolahraga selama dua jam. Perlu Anda ketahui kbahwa efek thermal merupakan suatu kemampuan tubuh dalamĀ  membakar lemak serta mengolahnya menjadi energi.

Manfaat Jahe Untuk Diet

  1. Membantu sistem pencernaan

Salah satu manfaat jahe dalam proses diet dan mengecilkan perut yaitu untuk mengontrol dan menekan nafsu makan dengan efek regulasi serum kolesterol dan gula darah. Jahe memiliki efek stabilisasi gula darah, kolesterol dan lemak. Caranya yaitu dengan merebus jahe dan kemudian mimun secara rutin sebelum makan.

  1. Menekan produksi hormon kortisol

Hormon kortisol merupakan salah satu jenis hormone yang akan dilepaskan ketika stres. Nah, jika produksi kadar hormone tersebut terlalu tinggi maka akan memicu nafsu makan sehingga tidak akan terkontrol. Dengan mengkonsumsi jahe maka akan membantu menurunkan dan menekan produksi hormone kortisol sehingga menurunkan berat badan dan juga membantu mengecilkan perut.

  1. Sumber energi

Mungkin banyak yang tidak mengetahui dengan manfaat jahe selain sebagai bumbu dapur untuk memasak. Tahukah Anda jika rimpang yang satu ini memiliki manfaat dalam menghasilkan energi? Nah, bagi Anda yang sedang menjalani program diet maka bisa mengkonsumsi jahe karena rimpang yang satu ini memiliki efek stimulant . Kembali pada energi, setelah mengkonsumsi jahe maka Anda akan lebih bersemangay dalam beraktivitas sehingga hal ini sangat membantu untuk membakar lemak.

Untuk memperoleh manfaat yang lebih baik, Anda bisa mengkombinasikan jahe dengan madu ataupun lemon. Nah, Adapun metode untuk diet menurunkan kberat badan dengan mengkonsumsi jahe yaitu sebagai berikut:

Bahan Yang digunakan

  • 2 siung jahe merah, dibakar sebentar
  • Gula merah secukupnya
  • Teh hijau/hitam celup

Cara membuatnya yaitu seduh teh dengan air panas dan tambahkan irisan jahe serta gula merah secukupnya. Diminum selagi hangat. Adapun untuk anjuran meminum ramuan tersebutĀ  yaitu sebagai berikut:

Hari Pertama

Pada hari pertama, secangkir teh jahe diminum pagi hari sebelum ataupun sesudah sarapan. Nah, metode ini sebaiknya Anda ulangi pada waktu makan siang dan malam. Dianjurkan sebanyak 1 -4 cangkir setiap harinya.

Hari Kedua

Minum teh jahe di pagi hari dan hindari makanan berminyak ketika makan siang. Konsumsi sayuran yang direbus. Selain itu, konsumsi buah-buahan saat makan malam. Jangan makan 4 jam sebelum tidur.

Demikian manfaat dan metode diet dengan mengkonsumsi jahe. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *