Miom Di Rahim Apakah Berbahaya Terhadap Bayi?

Setiap wanita yang telah menikah tentunya ingin segera memiliki seorang anak. Karenaitu, selama proses kehamilan tentunya akan senantiasa menjaga kesehatan hingga sang buah hati terlahir ke dunia. Namun, secara tak terduga bisa saja penyakit muncul tiba-tiba, seperti layaknya penyakit miom yang bisa menempel di dinding rahim dan menghambat kandungan anda yang akhirnya bisa berakibat keguguran.

Karenanya kita senantiasa menjaga kondisi kesehatan baik sebelum hamil dan juga selama masa kehamilan. Anda juga perlu mengetahui beberapa gejala penyakit miom agar anda bisa segera bertindak untuk langsung menghubungi dokter terdekat agar bayi anda tetap berada dalam kondisi sehat dan bisa terlahir dengan sehat dan selamat.

Apa itu penyakit miom?

Perlu anda ketahui bahwa miom merupakan sejenis penyakit tumor jinak yang berada di dinding rahim. Miom disebut juga dengan fibroid atau myoma. Penyakit ini bisa timbul penyakit ini bisatimbul mulai dari sel otot yang berkembang secara tidak normal sebesar kacang polong dan membesar hingga sebutir anggur didalam rahim.

Penyakit ini bisa timbul akibat dari hormon estrogen yang terlalu meningkat. Selain itu juga disebabkan akibat tidak seimbangnya hormon di dalam tubuh, terjadinya obesitas, menu makanan yang tidak baik, daya tahan tubuh yang rendah dan juga akibat faktor keturunan.

Apa saja gejala penyakit miom yang harus diwaspadai?

Terdapat beberapa gejala penyakit miom yang bisa diketahui, sehingga anda bisa lebih berwaspada baik sebelum mengandung atau saat mengandung. Maka anda bisa segera memeriksakan diri jika anda telah mengalaminya, diantaranya adalah:

  • Perut terasa penuh dan kenyang walau anda tidak makan
  • Sering terasa nyeri atau keram perut dan juga nyeri pada pinggul
  • Pernah terjadi keguguran
  • Merasa nyeri ketika sedang berhubungan seksual
  • Gangguan menstruasi seperti tidak lancarnya siklus menstruasi, pendarahan yang terlalu banyak dan masa menstruasi yang terlalu lama.
  • Gejala anemia seperti terasa pusing setelah duduk berlama-lama
  • Tidak lancarnya buang air kecil dan air besar

Adakah pengaruh miom terhadap kandungan?

Sebetulnya setiap penyakit yang melanda disaat sedang dalam masa kehamilan tentu berpengaruh pada sang buah hati seperti halnya miom di rahim. Beberapa pengaruh miom yang berbahaya bagi kandungan adalah:

  1. Jika miom tumbuh di bagian leher rahim maka tentu dapat menghambat kehamilan karena sperma terhambat masuk dan pembuahan sulit terjadi.
  2. Jika miom tumbuh di bagian dinding rahim maka tentu dapat menghambat adanya pmplantasi sel telur yang telah dibuahi, hal ini terjadi pada wanita yang baru hamil.
  3. Jika miom membesar maka dapat menodorng janin dan akhirnya tidak menempel pada dinding rahim sehingga bisa berakibat pada keguguran.
  4. Miom juga dapat mendesak janin hingga plasenta terutama ketika proses melahirkan sehingga akibatnya banyak pendarahan ketika persalinan berlangsung.
  5. Miom juga dapat menghambat masuknya makanan atau nutrisi kepada bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *