Penting! Inilah Manfaat Daun Binahong Untuk Jantung

Tanaman binahong termasuk salah satu jenis yang berkhasiat untuk kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit ringan dan berat. Salah satu manfaat daun binahong untuk jantung penting bagi Anda untuk mengetahuinya. Meskipun tanaman ini sedikit terdengar asing dan jarang ditemui, maka kini saatnya kita menggali potensio dan manfaat dari tanaman yang satu ini.

Sebenarnya binahong bukanlah tanaman asli dari Indonesia. Banyak kyang berpendapat bahwa tanaman ini berasal dari tiongkok dan korea. Akan tetapi tanaman ini akan kita jumpai tumbuh subur di sekitar kawasan Asia dan afrika. Bagian daun dari tanaman ini sangat terkenal sebagai obat untuk mengatasi dan mencegah penyakit berbahaya.

Binahong termasuk tumbuhan liar dan merambat. Daunnya hampir sama dengan daun sirih namun ukurannya relative lebih kecil. Biasanya banyak orang yang membiarkan tanaman ini tumbuh merambat pada pagar disekitar halaman rumah. Tumbuhan ini bisa hidup didataran tinggi dan rendah.

Kandungan daun binahong diantaranya yaitu asam organic, D-galaktosa, Glucan C, L-rhamnose, asam aldonat dan L-arabinosa. Binahong juga mengandung fenolik dan bersifat sebagai antioksidan untuk mencegah serta mengatasi berbagai macam penyakit. Disamping itu, binahong juga mengandung vitamin A, saponin, vitamin B dan juga vitamin C.

Lemak jahat ataupun kolesterol adalah salah satu ancaman yang sangat membahayakan aktivitas dan kinerja jantung. Nah, untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mengkonsumsi air rebusan binahong. Khasiatnya yaitu untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi air rebusan tersebut pada pagi dan sore hari.

Daun binahong memang memiliki khasiat yang luar bisa untuk kesehatan, terutama dalam hal mengatasi kolesterol jahat penyebab penyakit jantung. Namun dalam hal ini Anda juga harus berkonsulotasi dengan dokter sehingga pengaplikasian daun binahong tidak akan mengganggu kesehatan tubuh Anda yang lainnya.

Daun binahong bisa Anda gunakan juga sebagai upaya terhadap pencegahan penyakit berbahaya. Minimal Anda bisa mengkonsumsi air rebusan binahong sekali dalam sehari. Atau juga Anda bisa mengkonsumsi rebusan binahong minimal 2 kali dalam seminggu.

Bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki penyakit stroke, diabetes dan kelainan jantung, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter. Jika dokter menganjurkan penggunaan obat herbal maka Anda bisa menjadikan binahong sebagai salah satunya untuk mengatasi penyakit berbahaya tersebut.

Selain direbus, daun binahong juga bisa Anda keringkan. Untuk penyajiannya yaitu diseduh dengan air panas selayaknya Anda membuat teh. Namun usahakan untuk tidak menambahkan gula dan sejenisnya ke dalam teh binahong. Hal ini untuk menjaga kualitas dari khasiat binahong untuk mengatasi kolesterol jahat penyebab penyakit jantung.

Pada awal-awal mungkin Anda tidak menyukai rasanya, namun jika sudah terbiasa maka akan menjadi kebiasaan baik yang sangat bermanfaat. Semoga bermanfaat, salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *