Tahap-Tahap Perkembangan Janin Yang Sangat Luar Biasa

Kehamilan merupakan anugerah yang paling indah dan didambakan oleh setiap pasangan suami isteri. Memiliki buah hati dalam sebuah pernikahan akan menambah keceriaan dan kebahagiaan. Ketika memasuki masa kehamilan, momen membahagiakan lainnya yang bisa Anda rasakan yaitu mengikuti setiap perkembangan janin.

Perkembangan janin di setiap tahapannya sangat luar biasa dan menakjubkan. Berawal dari pertemuan 2 sel yaitu sel sperma dan sel telur yang kemudian berkembang menjadi embrio dan janin. Jika Anda mengamati setiap tahapannya maka akan takjub. Lalu seperti apa perkembangan janin setiap tahapnya?

Berikut Ini Tahapan Perkembangan Janin

Perkembangan Minggu Ke-2

Pada kehamilan minggu ke-2, tahapan perkembangan janin yang utama yaitu masa ovulasi. Terjadi pertemuan sel sperma dan sel telur sehingga akan membentuk bakal janin. Nah, setelah proses ovulasi berlangsung maka akan terjadi pelekatan atau implantasi ke dinding rahim.

Perkembangan Minggu Ke-3

Minggu keriga terjadi pembentukan hormone kehamilan dari bakal calon janin sehingga pada minggu ini Anda sudah bisa mendeteksi kehamilan menggunakan alat tes yang akurat. Biasanya alat yang digunakan yaitu test pack.

Perkembangan Minggu Ke 4  – 5

Ketika sudah memasuki minggu ini maka Anda akan terlambat menstruasi. Minggu ke-5 mulai terjadi perkembangan janin berupa pembentukan sistem pembuluh darah untuk mengaktifkan jantung. Pada minggu ke-5 jantung akan mulai berdetak meskipun belum sempurna.

Perkembangan Minggu Ke 6 – 7

Memasuki minggu ini terjadi perkembangan hidung yang mulai terbentuk, telinga dan wajah. Bahkan pada minggu ini juga terjadi pembentukan paru-paru dan saluran cerna. Bahkan sel janin mulai membentuk kaki dan tangan yang mungil.

Perkembangan Minggu Ke 8 – 9

Kini janin sudah mulai bisa bergerak meskipun gerakannya belum begitu bisa Anda rasakan. Sistem saraf akan mulai terbentuk pada minggu ini. Selain itu perkembangan saluran nafas yang menghubungkan paru-paru dengan tenggorokan juga mulai berkembang.

Perkembangan Minggu Ke 10 – 12

Pada minggu ke-10, perkembangan janin yang dianggap penting sudah berlangsung dengan sangat baik. Kini kulit janin berwarna transparan. Tangan dan kaki janin mulai menekuk dan tumbuh kuku. Bahkan anggota tubuh janin mulai terbentuk hampir mendekati sempurna. Mungkin Anda belum bisa dengan jelas merasakan gerakan janin pada usia ini meskipun didalam rahim janin mulai menunjukan tanda-tanda bergerak.

Perkembangan Minggu Ke 13 – 20

Pada minggu ke-13 sudah terjadi pembentukan organ-organ dasar pada janin. Pada minggu-minggu ini otak janin sudah bisa mengirimkan impuls saraf untuk mengontrol pergerakannya. Pada usia 16-20 minggu, Anda bisa merasakan gerakan janin.

Perkembangan Minggu Ke 21 – 27

Gerakan janin pada minggu-minggu ini sudah semakin kuat dan perkembangan janin ditandai dengan perubahan yang mulai menyerupai bayi seutuhnya. Kini terbentuk alis, bulu mata dan rambut yang mulai tumbuh dnegan baik. Pada minggu 26 dan 27 gerakan nafas bayi sudah mulai berirama dan bahkan janin sudah memiliki pola tidur yang lebih baik.

Perkembangan Minggu Ke 28 – 35

Pada trimester ketiga, perkembangan indera penglihatan sudah lebih baik dari sebelumnya. Bahkan paru-paru sudah semakin terlatih untuk bernafas. Perkembangan otak sudah sangat baik dan kini berat janin bertambah menjelang persalinan.

Perkembangan Minggu Ke-36

Minggu 36 terjadi proses penyempurnaan paru-paru dan otak guna mempersiapkan janin untuk terlahir. Disamping itu perkembangan janin terfokus pada penimbunan lemak yang semakin banyak hingga menjelang lahiran.

Nah, demikian tahapan perkembangan janin secara singkat. Luar biasa sekali bukan dan menjadi momen yang berkesan untuk mengikuti setiap tahapannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *