Terapkan Makanan Sehat Yang Lezat Untuk Si Kecil

Mengatur pola makan yang sehat memang cukup susah, terutama bagi anak yang senang jajan tentunya sangat susah diatur. Karena itu, anda perlu menggunakan cara khusus untuk menarik perhatian si kecil agar mau makan dengan pola makan yang sehat. Pola makan sehat adalah empat sehat lima sempurna, seperti yang sering anak anda dengar di sekolahnya. Karena itu menerapkan pola makan ini sangat penting, dan tidak hanya diajarkan di sekolah.

Mengatur pola makan anak bukanlah hal sepele. Untuk para bunda, sebaiknya segera membiasakan memberikan makanan yang sehat untuk si kecil. Terkadang makanan yang menyehatkan memang tidak membuat nafsu makan dan bahkan enggan makan bagi si kecil. Karenanya kita perlu menyiapkan makanan yang lezat tapi menyehatkan dan yang terpenting tetap berjalan diatas pola makan empat sehat lima sempurna.

Nah, untuk itu, anda perlu tahu beberapa jenis makanan yang menyehatkan diantaranya adalah:

  1. Buah dan sayuran tentu sudah tidak diragukan, karena jenis ini mengandung banyak vitamin, kalsium, serat, dan lainnya yang bisa menyehatkan dan menjaga metabolisme tubuh.
  2. Makanan yang tidak mengandung lemak tentu menyehatkan tubuh. Makanan yang berlemak sebaiknya harus dikurangi, karena lemak berlebih bisa menyebabkan kolesterol dan bahkan sakit jantung. Karena itu, anda perlu mengurangi masakan yang mengandung santan, minyak, dan juga makanan yang terlalu pedas.
  3. Makanan yang tidak berpengawet. Anda juga perlu menghindari makanan instan dan sebaiknya dikurangi, karena banyak terkandung bahan kimia dan juga bahan pengawet yang tidak menyehatkan bagi tubuh. Begitupun jenis makanan kaleng atau makanan instan yang memiliki perasa tinggi sebaiknya dihindari.
  4. Masakan yang tidak berbumbu pekat. Banyak makanan terasa lezat dengan bumbu perasa atau bahan perasa, karena itu akan lebih baik jika anda menggunakan bumbu alami atau rempah-rempah serta garam sebagai bumbu masakan anda, dan sebaiknya hindari bumbu perasa yang berlebih karena bisa mengganggu kecerdasan anak anda.
  5. Makanan yang sehat untuk sayuran adalah setengah matang atau tidak terlalu matang sehingga vitamin di dalamnya tidak terbuang ke dalam larutan air yang terlalu lama. Begitupun untuk jenis buah akan lebih baik buah yang baru dipetik dari pohonnya atau baru di beli di pasar dan kemudian cuci bersih. Sebaiknya hindari buah yang diawetkan didalam kulkas.
  6. Usahakan untuk memasak sayuran yang baru anda beli atau baru anda petik dari kebun. Hindari sayuran yang diwetkan di dalam lemari pendingin atau sayuran yang dimalamkan atau dibesokkan karena gizinya pun telah berkurang.

Dalam menghidangkan berbagai makanan sehat di rumah, anda bisa menghidangkannya dengan masakan tambahan seperti kerupuk, lalab dan juga sambal yang sehat yang diulek sendiri. usahakan agar setiap masakan anda dibuat dari berbagai bahan yang telah dicuci bersih sehingga kesehatannya terjaga dengan baik. Begitupun hindari makanan dari debu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *